11/20/2016

Published 9:58 AM by Admin with 0 comment

7 Faktor Penting Membangun Bisnis Menjadi Besar

Faktor Penting Mendirikan Bisnis

Ini Adalah Hal Wajib Yang Harus Anda Ketahui

 faktor pendukung kesuksesan bisnis anda
 Image courtesy of suphakit73 at FreeDigitalPhotos.net

Ciri utama atau faktor penting seorang wirausahawan adalah kecerdikannya mencari peluang dan kecekatannya menangkap peluang. Seorang enterpreneur adalah orang yang menghargai waktu di atas segalanya. Mereka adalah sosok yang bertanggung jawab pada dirinya sendiri, apabila tujuan utama anda untuk menjadi seorang entrepreneur adalah uang berarti anda bukan seorang entrepreneur

Sebab semakin Anda memperdulikan uang akan membuat Anda semakin berhati-hati, sedangkan seorang entrepreneur adalah orang yang berani mengambil risiko. Oleh karena itu yang penting untuk menjadi pemimpin yang sukses adalah adanya tekad yang besar dan berani mengambil risiko.

Oleh karena itu, yang faktor penting untuk menjadi pemimpin yang sukses adalah adanya tekad yang besar dan berani mengambil risiko. Sekali Anda mengambil risiko anda akan belajar mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah dan mencari solusi yang dapat mendorong Anda menemukan potensi diri.
Berdasarkan hasil pemantauan yang pernah dilakukan oleh Dawin Silalahi dari Booz Alen & Hamilton sekitar 80% hingga 90% usaha atau bisnis baru terutama usaha atau bisnis berskala kecil dan menengah yang tidak dapat mencapai pertumbuhan bisnis usahanya, akan sulit bertahan dalam waktu 1 hingga 2 tahun sejak didirikan. 

Dari kasus tersebut, Darwin mengemukakan ada 7 faktor penting yang dapat diraih sebuah bisnis atau usaha baru untuk tumbuh dan berkembang dalam jangka waktu panjang antara lain

 

1. Strategic Intent

Faktor penting yang pertama adalah strategic intent Yaitu adanya satu kesatuan visi dan misi yang mencerminkan tujuan utama dan aspirasi dari perusahaan pendirinya. ciri bisnis atau usaha yang berhasil adalah yang mampu menerjemahkan visi dan misi dalam praktek manajemen yang efektif dan optimal. Artinya, antara pengusaha dan tim manajemen memiliki pemahaman dan bahasa yang sama sehingga terhindar dari keputusan-keputusan yang bersifat ambivalen, tidak konsisten dan kontradiktif. 

Sebuah bisnis atau usaha yang didirikan dengan tujuan meraup keuntungan jangka panjang atau membuka Pasar baru jelas membutuhkan komitmen dari seluruh stakeholder untuk menyediakan dana cukup besar dalam tempo terjadinya terbentuknya pasar. Sebaliknya, bisnis atau usaha yang didirikan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan jangka pendek (bit and run) atau menciptakan lapangan pekerjaan memerlukan implikasi yang berbeda pula.

 

2. Mampu Mengambil Keputusan Yang Tepat

Kesanggupan seorang pengusaha dalam mengambil suatu keputusan penting dalam waktu cepat dan tepat memiliki nilai lebih yang dapat diunggulkan. Bagi bisnis baru apalagi dalam situasi seperti sekarang ini perubahan besar terjadi begitu cepat, tidak hanya perubahan pajak saja tetapi juga menyangkut perubahan regulasi industri maupun iklim kompetisi yang begitu ketat. 

Hal ini akan menuntut Anda bergerak cepat dan tanggap dalam mengantisipasi keadaan. Jadi kuncinya koma hanya perusahaan yang menjunjung tinggi transparansi dan memiliki manajemen yang memberi yang bisa mengatasi Perubahan tersebut titik

 

3. Merencanakan Penggunaan Dana Yang Benar

Sulit bagi Anda yang baru saja menjalankan sebuah bisnis untuk meminta tambahan modal dari investor. Sebab, permintaan tambahan modal bagi sebuah bisnis atau usaha baru akan mengundang pertanyaan dari para investor. Karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan manajemen keuangan yang terencana dengan memperhitungkan proyeksi cash flow (Arus dana yang keluar masuk dalam operasional) dan mempertimbangkan pengeluaran dana masa krisis bagi bisnis Anda.

 

4. Membuat Bisnis Plan Yang Jelas 

Bagaimanapun juga rencana usaha/bisnis merupakan gambaran formal dari visi dan misi serta rencana pencapaian target usaha yang didirikan. Dari perencanaan bisnis ini akan muncul proyeksi dan asumsi bagi pengembangan bisnis yang sedang dijalankan dan faktor-faktor eksternal sampai internal yang mempengaruhinya.

Sebab, sebuah perusahaan baru akan berhasil jika memiliki perincian bisnis yang mantap artinya perusahaan tersebut mampu melakukan proyeksi dengan permintaan pangsa pasar, harga produksi yang ditawarkan hingga biaya operasionalisasi yang seefisien mungkin. 

Di tengah persaingan bisnis yang demikian ketat , keunggulan pemimpin mengembangkan strategi bisnis dalam perencanaan usaha menjadi nilai lebih yang istimew.

 

5. Manajemen Tim Yang Baik Dan Solid

Kapabilitas dan pengalaman adalah dua unsur utama dalam suatu tim manajemen yang handal, pada umumnya tim manajemen yang solid dan terpercaya memiliki kesamaan visi dan tujuan sehingga penentuan strategi dan kebijakan bisnis Anda dapat berjalan secara optimal.

 

6. Cepat Dalam Mengambil Tindakan

Faktor yang tidak kalah penting dalam membangun bisnis yang besar adalah Suatu perencanaan bisnis. Suatu perenanaan bisnis baru akan memiliki nilai jika usaha yang dijalankan telah berjalan. Ketika suatu usaha sudah dijalankan, akan tampak sejauh mana kualitasnya. Namun betapa pun bagus dan realistisnya suatu rencana bisnis Anda jika tidak diikuti dengan eksekusi yang memadai tidak akan ada hasilnya.

 

7. Mampu dalam Mengambil Momentum / Waktu Yang Tepat (Timing)

Faktor penting yang terakhir adalah jeli dalam mengambil momentum yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Kemampuan mempertimbangkan saat yang tepat ketika memasuki usaha baru. Ingat, tidak ada gunanya melakukan investasi besar-besaran apabila ternyata bisnis yang Anda kelola terlambat pemasarannya. Dalam hal ini perlu kejelian seorang pengusaha agar tidak kehilangan momentum.

Itulah 7 faktor penting yang harus dimiliki dalam membangun bisnis ata usaha yang Anda kelola menjadi besar. Semoga bermanfaat


   
      edit

0 comments:

Post a Comment