12/05/2016

Published 4:18 PM by Admin with 0 comment

Mengenal Peluang Usaha Jasa Konsultan Bisnis Franchise

Jasa Konsultan Bisnis Franchise 



Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Apa Itu Konsultan Bisnis Franchise

Ibarat seorang profesor, dengan menjadi seorang konsultan bisnis franchise, berarti Anda harus expert dengan segala jenis dan pengetahuan mengenai bisnis franchise/ waralaba.

Anda harus mempelajari nama-nama franchise, produk masing-masing franchise, franchise fee dan royalti fee, simulasi finansial, sepak terjang franchisor di dunia bisnis, perjanjian, fasilitas yang diberikan, SOP, dukungan marketing, bahkan sampai pada peraturan pemerintah yang khusus mengatur tentang franchise. Konsultan bisnis franchise bisa sekaligus menjadi agen penjualan izin franchise.

Prospek dan Kelebihan Jasa Konsultan Bisnis Franchise

1. Bisnis franchise termasuk bisnis yang minim risiko dan dapat dioperasikan dengan mudah karena tak perlu dimulai dari nol. Namun, tetap saja banyak orang yang awam dan takut salah memilih jenis franchise yang tepat. Selain itu, saat ini, bisnis ini pun semakin berkembang. Itulah sebabnya berbisnis sebagai konsultan franchise sangat menjanjikan.

2. Bisnis ini dapat meraup tiga jenis lahan keuntungan sekaligus, yaitu sebagai konsultan bisnis franchise bagi orang yang ingin membeli izin franchise (franchisee), sebagai konsultan bagi pengusaha yang ingin menjadikan bisnisnya sebagai bisnis franchise (franchisor), dan sebagai agen penjualan segala jenis bisnis franchise.

3. Peluang penghasilan Rp5—20 juta per bulan dengan hanya melayani 2—5 klien per hari.

 

Persiapan Usaha Jasa Konsultan Bisnis Franchise

1. Luangkan waktu beberapa hari khusus untuk mempelajari dan mengumpulkan data segala jenis waralaba yang ada, mulai dari skala nasional hingga internasional. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mem-browsing dan mengunduh semua jenis franchise yang Anda cari.

2. Siapkan tempat usaha, nomor rekening, telepon, komputer, meja dan kursi tamu, serta media promosi berupa website pribadi.

3. Tetapkan biaya konsultasi antara Rp100.000—500.000 per sekali konsultasi. Sementara itu, komisi penjualan izin franchise ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan franchisor.


Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Kiat (Tanpa) Modal Jasa Konsultan Bisnis Franchise

1. Buat nomor rekening di bank dengan menabung minimum Rp100.000.

2. Untuk menghemat biaya download yang lama dan memakan banyak ongkos, siasati dengan mengirim e-mail ke seluruh franchisor. Ajukan juga kerja sama segala informasi yang menyangkut franchise-nya masing-masing ke e-mail Anda.

3. Meskipun konsultasi secara face to face lebih murah dan jelas, tempat usaha dan semua peralatan kerja belum Anda miliki, sebaiknya jalankan terlebih dahulu bisnis Anda melalui internet. Buatlah media komunikasi melalui blog gratisan (lebih disarankan menggunakan domain berekstensi) dan optimalkan blog Anda dengan mempelajarinya dari berbagai buku.

 

Step by Step Menjalankan Usaha Jasa Konsultan Bisnis Franchise

1. Promosi bisnis ini bisa dilakukan melalui internet. Namun, jangan berfokus pada website atau blog Anda sendiri. Manfaatkanlah segala fasilitas internet yang ada dan berpartisipasi dengan milis-milis yang berhubungan dengan bisnis franchise, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messengger. Promosi juga dapat Anda lakukan melalui jejaring sosial tersebut.

2. Cantumkan e-mail, nomor rekening, dan nomor telepon yang dialamatkan ke teman atau rumah Anda di website Anda. Dengan demikian, klien dapat menghubungi Anda dengan mudah.

3. Segera berikan pelayanan setelah pembayaran biaya konsultasi selesai dibayarkan oleh klien. Anda bisa menjawab pertanyaan klien lewat telepon, mengirimkan data-data franchise yang diminta melalui e-mail, mengirim CD berisi penjelasan yang diminta lewat pos, berdialog langsung lewat Yahoo Messengger atau Facebook, ataupun dengan menyediakan fasilitas download e-book langsung lewat dari website Anda. 

Hal yang harus Anda ingat ketika memasarkan layanan jasa Anda di internet adalah "Ada Uang Ada Barang / Jasa", hal ini sebagai upaya antisipasi terhadap bentuk penipuan. Terdapat banyak bentuk penipuan di internet karena itu selalu waspada ketika bertransaksi melalui internet.

4. Jika ada klien yang ingin membeli izin franchise dari Anda, usahakanlah bertemu langsung. Jelaskan bagaimana bentuk kontrak yang akan disepakati. Kemudian, serahkan ke franchisor untuk penjelasan lebih lanjut dan penandatanganan kontrak kerja sama.

 

Kunci Sukses Jasa Konsultan Bisnis Franchise

1. Daftarkanlah alamat website Anda ke mesin pencari agar website Anda terparkir di google, yahoo,dan bing. Dengan demikian, website Anda mudah dilacak ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci yang diformat di website Anda.

2. Selalu usahakan bekerja secara cepat agar klien percaya pada profesionalisme kerja Anda.
      edit

0 comments:

Post a Comment