12/14/2016

Published 6:08 PM by Admin with 0 comment

Tren Bekerja Di Televisi, Ini Jenis Profesi dan Daftar gajinya

Mengikuti Tren Bekerja di Televisi


Tren Bekerja di Televisi
resources.workable

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu jadikan sandaran hidup. Tinggal kamu sesuaikan dengan minat dan kompetensi yang dimiliki. Beberapa orang memiliki pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikannya, sebagian lagi bekerja tanpa ada kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang dijalani. 

Ada sarjana teknik, malah menjadi wartawan. Ada lagi sarjana hukum, malah jadi pialang saham. Yah, barangkali itulah kenyataan hidup. Tarik-menarik idealisme dan pragmatisme, atau formalitas kesarjanaan dengan minat kamu sendiri. Beberapa pekerjaan bergaji awal Rp 1 juta – Rp 2 juta, lainnya Rp 2,5 juta ada yang Rp 5 juta atau lebih. 

Kota tempat bekerja, jenis pekerjaan, tanggung jawab yang dipikul menentukan seberapa gaji awal yang akan diberikan oleh sebuah perusahaan atau lembaga. Menjadi pegawai swasta atau pegawai negeri adalah pilihan kamu sendiri.

Tren Bekerja DI Televisi

1. WARTAWAN

pekerjaan WARTAWAN
cakrawalamedia .co.id

Anda pasti tidak asing dengan profesi ini bukan ? Rangkaian peristiwa yang dikabarkan media massa merupakan karya mereka. Berkarier di dunia jurnalistik mestilah orang-orang yang menyenangi tugas-tugas lapangan: reportase, bertemu dengan beragam karakter orang dan profesinya, menulis berita, dan menelusuri sumber-sumber informasi yang dapat dikisahkan kepada publik.

Biasanya, orang yang bergelut dalam dunia ini adalah orang-orang yang idealis, mempunyai integritas tinggi terhadap kebenaran, mereka merupakan kontrol sosial yang berpengaruh. Namun begitu, tidak semua wartawan dapat idealis, apalagi jika disangkutkan dengan masalah uang. Makanya, ada istilah wartawan amplop yang berarti wartawan yang biasa menerima uang dari orang atau lembaga yang diwawancarainya. 

Barangkali, maksud orang atau lembaga tersebut adalah agar si wartawan memberitakan hal-hal yang baiknya saja kepada masyarakat. Dalam kode etik kewartawanan menerima ’amplop‘ dilarang keras, karena dapat membiaskan objektivitas wartawan dalam memberitakan suatu perkara. 

Koran, radio, televisi hingga internet adalah media massa tempat bekerja wartawan. Ada orang yang lebih menyenangi bekerja di media cetak seperti koran dan majalah, pun ada yang lebih menikmati bekerja di stasiun televisi. Mungkin kamu berpikir bahwa hanya orang-orang yang berlatar belakang jurnalistik sajalah yang dapat menjadi wartawan, tidak!

Tidak harus orang Komunikasi saja, sarjana ekonomi, Peternakan, hukum ataupun Teknik dapat menjadi wartawan, tanpa terkecuali. Mengapa ? Karena media massa memerlukan wartawan-wartawan dari berbagai bidang keilmuan yang mengerti suatu permasalah secara lebih khusus. 

Misalnya sarjana ekonomi tentu saja akan lebih paham menulis berita saham daripada wartawan yang lulusan fakultas Komunikasi. hanya saja, bila kamu tidak mempunyai latar belakang jurnalistik namun memilih profesi ini, maka kamu harus belajar atau mengikuti kursus penulisan berita atau jurnalisme sebagai modal melamar ke tempat kerja.

gaji wartawan

Nominal di atas sifatnya rata-rata. Jangan lupa, ada beberapa perusahan yang menambahkan uang transportasi, telekomunikasi dan tunjangan-tunjangan
lainnya.

jenjang karir wartawan



 2. TIM KREATIF

pekerjaan TIM KREATIF
Image courtesy of chatchai_stocker at FreeDigitalPhotos.net

Sebuah stasiun televisi pasti mempunyai tim kreatif yang banyak sekali. Pekerjaan mereka pun cukup beragam. Ada yang ditugasi mencari orang-orang untuk menjadi penonton di studio, atau mencari orang-orang yang diwawancara, menyiapkan ide-ide untuk program acara-acara TV, atau untuk menyiapkan setting studio. Bagi kamu yang senang dengan dengan hal-hal kreatif, kamu dapat  mencoba mengambil pekerjaan ini.

 

3. PRESENTER 

pekerjaan PRESENTER
wowcher.co.uk

Kamu cukup pede dengan penampilan dan kemampuan komunikasi kamu ? Apalagi ingin nampang di TV ? Kenapa nggak nyoba jadi presenter aja. untuk presenter berita TV, kamu akan mempunyai gaji yang cukup tinggi, mulai dari Rp 5 juta sampai puluhan juta. o ya, tidak cukup itu saja, seorang presenter berita haruslah orang yang cukup cerdas dan mengetahui beragam permasalahan yang ada.

Selain presenter berita, ada juga presenter acara infotainment, ataupun presenter acara-acara lain yang biasa ditayangkan seperti acara petualangan, acara anak dan lain lain. Ada presenter yang bekerja setiap hari, namun juga ada yang hanya 23 hari saja, tergantung berapa kali tayang acara itu setiap minggunya.

 

4. CAMERA PERSON 

job CAMERA PERSON
theblackandblue.com

Salah besar jika seorang camera person itu haruslah seorang pria. Sekarang, banyakjuga wanita yang memilih pekerjaan tersebut. Mau mencoba ? Mereka terlihat keren loh! Gaji awal seorang camera person tidak jauh berbeda dengan wartawan dan tim kreatif tv, biasanya mulai dari Rp 1,2 juta sampai Rp 1,8juta
      edit

0 comments:

Post a Comment