12/14/2016

Published 4:15 PM by Admin with 0 comment

Cara Tepat Terhindar dari Sindrom Para Pengangguran

Job Seeker : Cara Lepas Dari Sindrom Para Pengangguran


Cara Lepas Dari Sindrom Para Pengangguran
Image courtesy of David Castillo Dominici at FreeDigitalPhotos.net

Sebulan dua bulan belum mendapat kerja alias pengangguran barangkali tidak terlalu menjadi masalah, namun jika 6 bulan, setahun dua tahun belum mendapat kerja juga bisa menimbulkan dampak negatif.

Beberapa gejala atau sindrom akan muncul seiring para job seeeker ini belum juga mendapatkan apa yang diiginkan. Stres, sensitif, minder/merasa rendah diri, depresi, menderita penyakit psikosomatis, mudah dipengaruhi, dan kesedihan mendalam merupakan gejala yang umum terjadi pada job seeker yang telah lama belum mendapatkan kerja.

Jika hal ini berlangung terus-menerus, akan menjadi masalah yang semakin akut. Namun begitu, biasanya gejala-gejala tersebut berangsur-angsur akan hilang dengan sendirinya jika si job seeker tersebut telah mendapat pekerjaan (ngak nganggur lagi). oke, mungkin
kamu termasuk salah satu di antaranya.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari sindrom para pengangguran, atau juga menghilangkan sindrom tersebut, yaitu

 

1. Jangan sering sendiri dan larut dalam dunia kesedihanmu

Jangan sering sendiri dan larut dalam dunia kesedihanmu
Image courtesy of David Castillo Dominici

Menyendiri secara berlebihan justru akan menjadikan diri kamu jauh dari realitas sebenarnya. Terkadang jika kita menjauh dari kehidupan normal sehari-hari, justru akan menyesatkan kita. Diri kita akan bergumul dengan pikiran kita sendiri. Kita akan berfilsafat ria nggak jelas, yang alih-alih membuat pikiran kita semakin rumit.

Setiap persoalan mesti kita sikapi secara bijak dan proporsional, jangan mendramatisir suatu permasalahan karena hal itu akan menjadikan seolah-olah permasalahan itu semakin besar, padahal kenyataanya tidak seburuk yang dibayangkan.

 

2. Rajin bersosialisasi, jangan mengurung diri

Rajin bersosialisasi, jangan mengurung diri
photostock

Banyaknya kenalan, relasi, sahabat menjadi kunci penting kita untuk mengecap kebahagiaan. Mereka selain bisa menjadi teman berbagi, bisa memberikan berbagai informasi yang mungkin akan berguna bagi kita. Dan yang tak kalah penting, mereka bisa memberikan perspektif lain tentang suatu hal, sehingga kita bisa melihat suatu permasalahan secara lebih objektif. Pergilah nonton bioskop, berlayar, bertualanglah bersama teman-temanmu.

 

3. Cari teman yang bisa diajak berbagi

Cari teman yang bisa diajak berbagi
Stockimages

Seorang penampung segala keluh kesah dan yang mengingatkan saat kita salah. Seorang sahabat akan mendengarkan curhatan-curhatan kamu dan mencoba memberikan solusi terbaik atas segala permasalahan kamu. Biasanya, beban psikologis yang ada akan hilang atau berkurang setelah kita curhat pada seorang sahabat yang soulmate banget.

 

4. Ikut seminar-­seminar sukses dan pengembangan diri

Ikut seminar-­seminar sukses dan pengembangan diri
Image courtesy of Pong at FreeDigitalPhotos.net

Banyak sekali seminar atau pelatihan yang bisa diikuti saat ini. Mulai dari seminar memasuki dunia kerja, entrepeneurship, sampai pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi semisal komputer, public speaking, atau pelatihan menulis.

Pada umumnya, kita akan terinspirasi dan termotivasi oleh pengetahuan dan semangat yang ditularkan oleh sang trainer sehingga kita akan lebih bergairah dalam menjalani hidup, teman yang baik adalah harta yang sangat berharga. Ia akan menjadi teman berbagi sekaligus motivator kamu.

 

Alasan Kamu Belum Punya Pekerjaan alias Pengangguran

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa kamu hingga saat ini belum mendapat kerja, mungkin salah satunya mungkin ada dalam poin-poin ini.

1. Belum beres kuliah, nggak punya ijazah.

2. Nggak punya skill. Nggak kompeten di mata perusahaan.

3. Perusahaan tempat kamu melamar lagi nggak butuh

4. Kamu orang yang sial sedunia, satu-satunya cara kamu mesti reinkarnasi.


Nah, kamu termasuk yang mana ?

      edit

0 comments:

Post a Comment