11/25/2016

Published 7:58 AM by Admin with 0 comment

Mengapa Kita Harus Mulai Membangun Bisnis Dari Sekarang ?

Mengapa Melakukan Bisnis ?


4 Alasan Anda Harus Mulai Mendirikan Bisnis Sejak Dini

 4 Alasan Anda Harus Mulai Mendirikan Bisnis Sejak Dini
Image courtesy of freedooom at FreeDigitalPhotos.net

Bagi seorang pekerja kantoran atau pegawai baik di swasta maupun pegawai negeri, membangun sebuah bisnis online ataupun offline adalah hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan. Tahukah Anda sekitar 80% dari mereka mengangap bahwa membuka sebuah usaha/bisnis bukanlah jalur hidupnya atau mereka merasa tidak memiliki bakat dalam hal berbisnis sehingga  mengesampingkan bisnis sebagai alternatif atau tujuan utama dalam hal mencari rezeki. Padahal,ditengah sulitnya ekonomi Indonesia saat ini membangun bisnis seharusnya merupakan kewajiban bagi setiap warga negara.

Mengapa kita harus mulai membangun bisnis ?

 

1. Sebagai Pendapatan Cadangan Di Luar Gaji Kantor

Mengandalkan penghasilan dari pekerjaan sebagai pegawai kantoran cukup Riskan. Apalagi ekonomi Indonesia masih sulit untuk bangkit , PHK atau perusahaan bangkrut adalah hal yang lazim terjadi Dengan memulai membangun bisnis, anda memiliki income cadangan jika sewaktu-waktu terkena PHK atau perusahaan Gulung Tikar. 

Apalagi jika anda sudah berumah tangga dan dan hanya mengandalkan penghasilan dari satu orang saja,tentu bisa berbahaya jika tiba-tiba terkena PHK. Rumah tangga bisa terguncang bahkan tak jarang ada yang bunuh diri, gila gara-gara ekonominya tiba-tiba ambruk
Tidak ada jaminan perusahaan yang besar sekali pun akan sukses terus menerus, Kesalahan terbesar  pekerja kantoran adalah mereka telah berada di "zona nyaman", dengan mendapatkan gaji rutin tiap bulan. Dengan pendapatan rutin seperti ini, bisnis tidak dipikirkan. Waktunya terlalu sibuk untuk bekerja ketika terkena PHK barulah mereka menyadarinya, berkoar-koar, hingga menggelar demo besar-besaran. 

Beberapa dari mereka yang beruntung mendapat pesangon langsung menggunaknannya untuk ikutan bisnis yang ia tidak memiliki pengetahuan serta pengalaman yang mumpuni. Akibatnya bisa saja  tertipu atau bangkrut dari bisnis yang tidak jelas yang menghasilkan profit instan seperti investasi bodong dan sebagainya , Dunia pun serasa kiamat.

Tidak Ada Alasan Kalau Pekerja Kantoran Atau Pegawai Negeri Tidak Bisa Bisnis, Selagi Ada kesempatan Mengapa Tidak Memulai Berbisnis Sejak Dini

 

2. Membantu Pemerintah Mengatasi Pengangguran

Jangan sekali-kali mengandalkan pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan. Pemerintah tidak bisa diandalkan dalam hal menciptakan serta membuka lapangan pekerjaan. Jangan pernah menunggu, kita sendirilah yang harus mulai bergerak ! pengangguran di Indonesia sudah terlalu banyak. Bahkan, yang bergelar S1 dan S2 turut meramaikan komunitas pengangguran. 

Dengan kita mulai membangun bisnis, minimal bisa menolong diri kita sendiri dari ancaman pengangguran. Syukur-syukur jika bisnis berkembang, kita malah bisa rekrut orang untuk dijadikan pegawai. Dengan merekrut orang jadi pegawai, berarti kita turut menciptakan lapangan pekerjaan kerja dan ini sangat membantu pemerintah mengatasi pengangguran.

Pemerintah juga seharusnya lebih aktif dalam mengkampanyekan "Gerakan Wirausaha Nasional" agar semakin lahir para enterpreneur sehingga mampu membuka lapangan kerja dari para pebisnis. Mindset sebagian warga Indonesia harus diubah bahwa selesai sekolah/kuliah tidak mesti harus cari lowongan kerja.

 

3. Sebagai Sarana untuk Menolong Orang Lain

Jika Anda dapat membantu orang lain dengan berbisnis maka mulailah berbisnis, kembangkan naluri bisnis Anda mulai sekarang. Banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika telah berada dalam lingkungan orang sukses.

Contohnya seperti membantu orang lain, memberikan sedikit rezeki Anda kepada orang yang lebih membutuhkan, membagikan ilmu Anda dalam berbisnis agar dapat menjadi motivasi dan semangat bagi calon enterpreneur lainnya, dengan begitu maka kepedulian serta hubungan sosial Anda akan lebih meningkat dibanding Anda hanya sebatas menjadi seorang pekerja.

 

4. Sebagai Persiapan Pensiun

Pensiun berarti hilangnya pendapatan berupa gaji. Kita hanya akan mendapat tunjangan dari program pemerintah seperti jamsostek atau tunjangan hari tua. Bagi yang telah terbiasa bekerja, dapat menyebabkan post power syndrome dimana akan mengalami stress ketika berhenti bekerja atau berhenti dariaktivitas rutin, bahkan akan cenderung tempramental.

Dengan memulai bisnis sejak menjadi karyawan, ketika pensiun tiba kita tetap bisa beraktivitas mengurusi bisnis. Dengan memiliki bisnis setelah pensiun, kita pun tidak melulu tergantung secara finansial kepada anak.

Manfaat lain jika kita memulai mendirikan usaha/bisnis saat menjadi karyawan adalah dapat memotong learning curver (kurva belajar) atau waktu untuk mulai belajar berbisnis. Bisnis adalah belajar tiada henti. Jika kita baru membangun bisnis setelah pensiun, kita harus belajar semuanya dari awal sehingga risiko kegagalan semakin besar. Beda halnya jika kita memulai bisnis sejak dini, skill wirausaha kita terasah, mental semakin kuat dan pengalaman di lapangan  akan membuat kita menjadi kian matang seiring dengan pertambahan umur.

Jika bisnis yang dibangun telah berkembang pesat, Anda bisa menjadikan bisnis sebagai warisan bagi anak-cucu kita kelak. Anak-cucu kita minimal tidak ikut-ikutan menjadi Barisan Pengangguran Indonesia.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memulai bisnis dari sekarang, Semoga Bermanfaat....
      edit

0 comments:

Post a Comment