12/14/2016

Published 5:10 PM by Admin with 0 comment

Masuk Dunia Kerja ? Persiapkan Hal ini Dulu

Pentingnya Persiapan sebelum Masuk Dunia Kerja

Persiapan sebelum Masuk Dunia Kerja
Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Kita memang mesti belajar mengenai filosofi hidup. Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini selalu membutuhkan proses. Mulai dari penciptaan alam semesta sampai hidup kita sendiri, termasuk urusan karier. Saya jadi ingat tentang seorang teman yang mengincar jabatan manajer saat pertama kali dia melamar kerja, padahal dia baru tamat kuliah, terang aja dia nggak diterima sama sekali.

Sebetulnya mendapatkan pekerjaan adalah sangat mudah. Permasalahannya adalah terletak dari fondasi yang kita bangun. Apakah kita sudah mempersiapkan diri masuk dunia kerja? “Sedia payung sebelum hujan” pepatah bilang.

Jadi, siapkan senjatamu terlebih dahulu sebelum bertempur, seperti Sun Tzu bilang, “janganlah maju ke medan perang kecuali seyakinyakinnya menang.” Dengan persiapan yang matang, kamu nggak raguragu untuk melangkah dan bersaing dengan siapa pun juga, karena kamu adalah seorang PEMENANG.

Berikut ini adalah hal-hal yang kamu mesti siapkan untuk memasuki dunia kerja.

 

#1 Kuasai bahasa lain 


Image courtesy of Stuart Miles

Akan ada perbedaan yang mencolok antara orang yang menguasai bahasa asing dan yang tidak. Orang yang bisa berbahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, China, Arab dan aneka bahasa lainnya, cenderung akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Diantara semua bahasa asing, kuasai dulu bahasa Inggris Dengan menguasai bahasa (Inggris) kita akan:

1. lebih banyak mendapatkan informasi, karena sebagian besar informasi yang ada di dunia ini menggunakan sarana bahasa Inggris.

2. Berguna dalam mencari literatur, mengerjakan tugas kuliah lebih baik, meluaskan informasi.

3. Menjadi warga dunia, bisa berkomunikasi dan bekerja di perusahaan-perusahan internasional, relasi dan peluang kerja global.

4. Dengan gabungan bahasa Inggris dan teknologi informasi semacam internet, kita tidak lagi akan dikuasai batas

 

#2 Banyak bergaul 

banyak bergaul
photostock

Alangkah indahnya punya banyak teman. orang yang banyak temen tuh biasanya punya kepribadian yang fleksibel. Mau nggak mau, kalau kamu ingin sukses, banyak-banyakin deh temen kamu. Karena temen-temen kamu itulah yang biasanya bakal kasih informasi atau kerjaan untuk kita.

Tahukah kamu, bahwa:

1. Sebuah referensi dapat memberikan hasil lebih dari 80% dibandingkan dengan dengan sebuah panggilan telepon yang dilakukan secara acak.

2. Sekitar 70% dari seluruh pekerjaan diperoleh melalui jejaring (networking).

3. Kebanyakan orang yang kamu jumpai setidaknya mempunyai 250 kontak yang dapat dihubungi.

 

#3 Ikutan milis 


Image courtesy of Stuart Miles

Ini nggak kalah penting. Kalau kamu ingin ahli dalam satu hal, entah itu teknologi, politik, ekonomi atau bahasan bahasan lain dalam waktu yang singkat, kamu kudu ikutan milis. Ya, milis! Melalui milis kita bisa berinteraksi dengan para penghuninya yang bahkan bisa memberikan input-input penting pada kita.

Biasanya, banyak sekali informasi yang bakal kita dapatkan sebagai anggota milis, termasuk urusan lowongan pekerjaan. Bahkan bisa jadi informasi yang disebarkan melalui milis adalah informasi yang ekslusif, apalagi jika para penghuni sebuah milis tersebut mempunyai kedekatan secara kelompok.

Milis apa saja yang bisa kamu ikuti ?

Tergantung minat kamu, misalnya kamu senang dengan bahasan jurnalisme kamu bisa ikutan jurnalisme@yahoogroups.com, mediacare@yahoogroups.com. Kalau kamu hobi atau senang membaca buku kamu bisa mendaftar email di pasarbuku@yahoogroups. com, untuk yang suka berbau IT, kamu bisa ikuti berbagai milis IT yang banyak bertebaran di internet contohnya kamu bisa ikutan milis ilmukomputer@yahoogroups.com misalnya.

Kalau kamu suka dengan bahasa Indonesia dan ingin tahu seluk beluknya, mulai dari EYD, tata bahasa, dll, kamu bisa ikutan milis guyubbahasa@yahoogroups.com. Sedangkan bagi kamu yang hobi nulis, bisa juga ikutan milis dari penulislepas@yahoogroups.com. So, pilihannya terserah kamu.

 

#4 Aktif di organisasi

cari kerja Aktif di organisasi
Image courtesy of photostock

Satu lagi yang akan membedakan kamu sama pesaing adalah, apakah kamu pernah mengikuti sebuah organisasi kampus atau organisasi kemasyarakatan lainnya (lSM atau NGO. Menambah teman sih sudah pasti, namun aktif di suatu organisasi akan memberikan kamu keuntungan berlipat yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya.

Di dalam organisasi, kamu bakal belajar banyak hal, Kamu akan belajar bagaimana berorganisasi, memimpin, membuat perencanaan, disiplin, mengenal banyak orang dan tokoh, belajar halhal teknis semacam: membuat proposal kegiatan, membuat surat, belajar komputer dan masih banyak lainnya, penekanan materinya bergantung pada organisasi yang kamu geluti.

Semuanya itu akan berguna pada saat kamu mencari kerja. Pokoknya, ada nilai lebih bagijob seeker yang pernah mengikuti oraganisasi dibanding mereka yang tidak pernah mengikuti organisasi karena orang yang pernah berorganisasi telah terlatih menghadapi pelbagai persoalan, bagaimana bersosialisasi, dan menghadapi aneka karakter orang.

Ada beragam organisasi yang dapat kamu ikuti, pilihlah sesuai minat dan yang kira­kira dapat memberikan keuntungan buat kamu di kemudian hari. Organisasi Kemahasiswaan, Pers Mahasiswa, Paduan Suara, Olahraga seperti Basket dan Beladiri, Senat Mahasiswa, Lingkung Seni contohnya Teater, English Club, Pecinta Alam, Menwa, Koperasi Mahasiswa, Protokoler, Organisasi Mahasiswa Berbasis Keagamaan: HMI, KAMMI, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan lain lain.

Ikut Seminar-­seminar Seminarseminar atau pelatihan merupakan cara tepat untuk dapat mengembangkan potensi diri. Dalam sebuah seminar biasanya kita akan bertemu dengan orang-orang atau trainer-trainer yang memiliki pengetahuan yang beraneka ragam, dan berbagai tip yang dapat kita jadikan pijakan untuk kemajuan diri.

Dan yang tidak kalah penting adalah, mengikuti seminar akan menginspirasi serta membangkitkan semangat kita untuk maju. Di bawah ini mungkin dapat membantu kamu, seandainya berminat mengikuti salah satuanya. Pilihlah sesuai minat atau yang sekiranya dapat memberikan input yang bermanfaat buat kamu.
  • Public Speaking entrepeneurship 
  • Seminar Marketing Self Development 
  • Seminar-seminar umum keagamaan 
  • Diskusi-diskusi ilmiah dan lain lain.

 

#5 Tingkatkan skill 

cari kerja Tingkatkan skill
Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Tidak ada pilihan lain selain melangkah majujika kita ingin hidup senang. Apakah kamu punya cukup kompetensi untuk bersaing dengan mereka-mereka yang juga menginginkan hal yang sama denganmu ? Sukses ? Pekerjaan ? Rumah ? Mobil ?

Keterampilan atau skill merupakan senjata kita untuk mengarungi hidup ini. Jangan sampai rezeki tak
mengalir gara-gara kamu nggak punya skill, jadilah orang yang nyekil! Ada beberapa kompetensi umum yang harus kamu miliki, dan ada kompetensi khusus yang juga penting. Kompetensi umum misalnya kemampuan berbahasa asing, komputer adalah yang mesti dimiliki. Kemampuan khusus misalnya, reparasi alat elektronik, pembukuan, pemograman komputer, fotografi, menyanyi, dan lain-lain.

Semakin banyak keterampilan yang kamu miliki, peluang mendapatkan pekerjaan akan semakin terbuka. Ibaratnya, skill adalah kunci pembuka kebahagiaan kita secara finansial. Banyak baca buku, koran, browsing internet yang bermanfaat Satu lagi yang membedakanmu dengan orang-orang yang tertinggal di belakang adalah, sejauh mana kamu mempunyai akses terhadap informasi dan menggunakannya secara optimal.

Informasi bisa kita dapatkan melalui media massa. Dengan informasi kita menjadi orang yang up to date mengetahui persoalan-persoalan dunia. orang yang mempunyai informasi yang cukup cenderung lebih cerdas dan bijaksana dalam melihat berbagai perspektif kehidupan.

Kamu akan memiliki daya analisis tajam dan akurat.  Jangan kira, pengetahuan yang kamu dapatkan dari membaca buku, koran atau internet tidak terlalu berguna. Justru itulah yang membedakan kamu dengan teman-teman yang tidak antusias mengupdate informasi.

 

Bagaimana jika kamu tidak pernah mengalami poin-poin seperti yang disebut di atas.

Ah, sial! Saya bukanlah orang termasuk kategori di atas. Kalau begitu, saya tak akan bisa dong, menembus dunia kerja ? Jawabannya: bisa YA, bisa TIDAK!

1. Tidak semua orang bisa berbahasa Inggris, namun memiliki pekerjaan layak.

2. Ada teman tidak pernah mengikuti seminar namun memiliki income yang baik.

3. Tidak pernah mengikuti oraganisasi bukan berarti kamu nggak bisa sukses.

Intinya, kalau kamu tidak termasuk orang yang seperti kategori di atas, bukan berarti hidupmu berakhir. Karena kesuksesan itu bergantung pada DIRIMU sendiri. Tidak masalah kondisi kamu sekarang ini, selama kamu mempunyai kemauan untuk sukses, selama kamu memiliki kemauan untuk berubah. Selamat! Kamu sudah menempuh setengah jalan menuju yang kamu cita-citakan.


      edit

0 comments:

Post a Comment