11/25/2016

Published 2:30 AM by Admin with 3 comments

Mengenal Lebih Jauh Peluang Usaha Jasa Konsultan Pajak

Jasa Konsultan Pajak

 

Menjalankan Bisnis/Usaha Jasa Konsultan Pajak

peluang usaha bisnis jasa konsultan pajak
Image courtesy of photostock at FreeDigitalPhotos.net

Bisnis ini berfokus pada layanan pemberian pertimbangan, saran, penghitungan, dan pembuatan laporan seputar pajak dan akuntansi. Umumnya, jasa yang ditawarkan adalah audit dan pembuatan laporan keuangan, pembuatan SPT pajak, sekaligus penjualan program software akuntansi. Bagi konsultan pajak kecil-kecilan, biasanya mereka sekaligus melayani bantuan pembayaran langsung ke kantor pajak setempat dengan bayaran tambahan.

 

Prospek dan Kelebihan

[1] Saat ini, iklan-iklan pemerintah seputar kewajiban pajak mulai gencar dijalankan. Selain mengingatkan para wajib pajak, iklan tersebut mengindikasikan bahwa saat ini, wajib pajak telah merambah sampai pekerja profesional.
 
[2] Penghitungan pajak yang rumit membuat setiap pengusaha mau tak mau menggunakan jasa para konsultan secara rutin.

[3] Bisnis ini tergolong lahan basah karena job yang digarap bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk konsultan pemula saja, penghasilannya bisa mencapai minimum Rp5 juta dengan melayani minimum 5 klien perbulan.

 

Persiapan Usaha

[1] Kejeniusan dalam bidang ilmu perpajakan dan akuntansi wajib dimiliki sebelum memilih bisnis ini. Jika usaha ini tidak Anda jalankan sendiri, tetapi dengan mempekerjakan sarjana-sarjana yang sudah ahli, keahlian tersebut tidak perlu Anda miliki.

[2] Siapkan peralatan kerja seperti telepon, laptop serta software yang berhubungan dengan perpajakan atau akuntansi.

[3] Pasang tarif plat per tugas yang Anda kerjakan dengan sistem range yaitu tergantung besar kecilnya perusahaan yang dilayani. Sebagai contoh, untuk perusahaan tetapkan tarif Rp600.000 sampai Rp 1 juta. Sementara itu untuk orang yang memiliki usaha kecil-kecilan tetapkan Rp350.000 sampai Rp700.000.

 

Kiat Tanpa Modal

[1] Peralatan kerja yang berupa komputer dan software pendukungnya sangatlah diperlukan dalam menjalankan bisnis ini. Namun, jika belum memilikinya Anda bisa meminta perusahaan atau individu yang menggunakan jasa menyediakan peralatan tersebut. Sebagai imbalannya, Anda bisa memberikan diskon kepada pelanggan. Kemudian, jika upah sudah anda dapatkan, Anda bisa membeli peralatan tersebut.

[2] Software pendukung sudah sangat banyak tersedia di internet, software tersebut bisa didownload secara gratis. Melakukan browsing lewat mesin mesin pencari misalnya, Google dengan mengetikkan beberapa kata alternatif misalnya software gratis, software akuntansi pajak atau gunakan istilah bahasa Inggris. Usahakan mengetikkan kata kunci maksimum dua kata. JIka tidak, pencarian akan kurang maksimal.

 

Step By Step Menjalankan Jasa Konsultan Pajak

[1] Setelah peralatan kerja dan ahli-ahli di bidang pajak telah siap, lakukanlah penawaran langsung ke perusahaan-perusahaan untuk memaksimalkan hasil yang diinginkan. Tetapi, kalau Anda tidak mau repot dengan tugas ini, sebaiknya Anda menyerahkannya ke tenaga marketing freelance yang telah Anda rekrut sebelumnya.

[2] Sebaiknya, Anda bekerja di kantor atau di tempat perusahaan yang menyewa jasa konsultan pajak Anda agar biaya listrik dapat ditekan. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mengeluarkan biaya tambahan seperti pulsa untuk menelpon jika seandainya ada data yang kurang atau tidak jelas.

[3] Setelah tugas Anda selesai, copy atau gandakan file yang telah anda kerjakan di dalam flashdisk untuk diri anda sendiri. Selain untuk berjaga-jaga kalau kalau file terhapus, data ini juga bisa anda jadikan portofolio atau sebagai referansi anda untuk calon pelanggan berikutnya.

 

Kunci Sukses

  •  Periksa kembali secara detail file yang telah dibuat sebelum diserahkan ke pelanggan untuk menghindari salah ketik yang bisa berakibat fatal.
  • Tawarkan kontrak pelayanan secara reguler untuk memperoleh penghasilan rutin.
  • Khusus dalam membuat kontrak kerja pertama sebaiknya gunakan jasa konsultan hukum untuk menghindari penggunaan kata-kata ambigu yang dapat menyebabkan salah penafsiran.
      edit

3 comments:

  1. ulasn yang hebat Gan dan sangat bermanfaat, terimakasih ya sudah berbagai

    ReplyDelete
  2. Ya tulisan yg bgitu inspiratif dn motivativ

    ReplyDelete
  3. Ua betul benar2 tulisan yang inspiratif dan motivatif

    ReplyDelete