12/05/2016

Published 5:08 PM by Admin with 0 comment

Mengenal Peluang Usaha Jasa Konsultan Pra-Nikah

Jasa Konsultan Pra-Nikah


Image courtesy of Rosen Georgiev

Apa Itu Jasa Konsultan Pra-Nikah

Konsultan pra-nikah merupakan sebuah jasa yang memberikan layanan konsultasi bagi calon pasangan yang akan mulai membina rumah tangga. Seorang penyedia jasa ini berusaha menuntaskan persiapan pernikahan dan menyiapkan mental bagi kedua calon mempelai yang siap berlayar di atas bahtera rumah tangga.

Prospek dan Kelebihan Jasa Konsultan Pra-Nikah

1. Bisnis ini lebih cepat berkembang daripada bisnis lain. Hal itu disebabkan banyaknya supplier acara pernikahan yang tidak realistis menetapkan harga. Selain itu, perasaan malu dan merasa tabu menanyakan segala yang menyangkut pengetahuan berumah tangga juga menyebabkan bisnis berkembang lebih cepat.

2. Dilihat dari tingginya jumlah pasangan yang menikah setiap bulan, apalagi pada musim pernikahan maka peluang Anda semakin besar. Dengan hanya melayani antara 1—5 klien per hari dengan biaya per diem (waktu satu kali konsultasi) sebesar Rp200.000 sampai Rp300.000, Anda bisa meraup keuntungan Rp5—15 juta per bulan.

 

Persiapan Usaha Jasa Konsultan Pra-Nikah

1. Bekali diri Anda dengan segala pengetahuan yang berhubungan dengan persiapan pernikahan dan konseling mengenai sikap mental menjalani rumah tangga. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain pengetahuan jumlah dana persipan pesta, vendor atau supplier keperluan acara pernikahan, dan segala sisi dalam pernikahan itu , seperti hak serta kewajiban sepasang suami istri, trik mengatasi perselisishan, cara membina hubungan suami istri agar harmonis, petunjuk merawat kandungan, dan cara tepat mendidik anak.

2. Siapkan tempat usaha dan peralatan kantor pada umumnya, seperti telepon, laptop, komputer, LCD, dengan kiat berumah tangga.

3. Tentukan biaya konsultasi dengan biaya flat per konsultasi berkisar 10—15% dari dana yang dihabiskan dalam acara perkawinan tersebut. Harga tersebut merupakan harga konsultasi lengkap seperti yang disebutkan di poin 1. Jika konsultasi yang diminta hanya menyangkut manajemen bagaimana menjalani kehidupan berumah tangga, tetapkan biaya Rp100.000—500.000.

 



Image courtesy of Rosen Georgiev

Kiat (Tanpa) Modal Jasa Konsultan Pra-Nikah

1. Untuk keperluan telepon, sebaiknya terlebih dahulu alamatkan nomor telepon Anda kepada tetangga atau teman dekat (adakan kerja sama).

2. Konsultasi khusus mengenai manajemen pernikahan membutuhkan tempat yang sedikit luas untuk menampung beberapa klien sekaligus. Oleh karena itu, sewalah tempat pertemuan sekali pakai, misalnya wisma, restoran, ataupun hotel. Biaya sewa ini dapat Anda ambil dari pembayaran uang muka dari klien.

3. Anda bisa menyewa laptop di tempat penyewaan khusus elektronik. Anda juga bisa menyewa laptop teman karena tentu biayanya lebih bersahabat—bisa juga gratis.

 

Step by Step Menjalankan Usaha Jasa Konsultan Pra-Nikah

1. Lakukan promosi utama dengan mengirimkan surat langsung kepada pasangan yang sudah bertunangan atau yang akan segera menikah. Datanya dapat Anda peroleh dari KUA atau kelurahan setempat. Selain itu, promosikan juga lewat brosur dan internet—lewat website gratis.

2. Begitu Anda mendapatkan klien yang ingin ber konsultasi mengenai manajemen pernikahan, sebaiknya jangan lakukan konsultasi pada saat itu juga, kecuali untuk konsultasi lengkap. Tujuannya adalah mengumpulkan beberapa klien dalam interval waktu tersebut. Jadi, Anda dapat melakukan konsultasi secara bersamaan, tidak satu per satu.

3. Pada saat konsultasi, terlebih dahulu, jelaskan seluruh materi secara gamblang. Setelah itu, berikan waktu bertanya untuk masing-masing klien. Berikan intermeso berupa permainan atau game mendidik yang berhubungan dengan manajemen pernikahan, misalnya tentang kerja sama, membentuk ke kompakan, ataupun mengatasi persilisihan.

 

Kunci Sukses Jasa Konsultan Pra-Nikah

1. Lakukan kerja sama mengenai promosi usaha dan data informasi calon klien dengan beberapa instansi yang bersinggungan dengan pengurusan syarat- syarat nikah, antara lain KUA, kelurahan, imam desa maupun puskesmas atau rumah sakit yang khusus memeriksa calon pengantin yang mengambil data bukti virginity.

2. Setelah Anda berhasil meraup sejumlah keuntungan, sulap tempat tinggal Anda sendiri menjadi ruang profesionalisme kerja. 

Sekian mengenai penjelasan singkat mengenal peluang usaha bisnis Jasa Konsultan Pra-Nikah, Semoga bermanfaat
      edit

0 comments:

Post a Comment