11/20/2016

Published 6:12 PM by Admin with 0 comment

Bingung Memilih Bisnis Yang Tepat ? Baca Dulu Ini

Bingung Memulai Bisnis ?

Kenali Bisnis Yang Tepat Untuk Anda

 Kenali Bisnis Yang Tepat Untuk Anda
 Image courtesy of Pong at FreeDigitalPhotos.net

Memulai bisnis tanpa keyakinan kerap kali membuat bingung para pemula. Keraguan terletak pada permodalan. Memang benar bahwa bisnis memerlukan modal, tetapi modal sbenarnya dapat ditemukan di mana-mana. Di sisi lain, banyak orang dengan modal cukup, tetapi bingung untuk membuka bisnis yang menghasilkan. 

Seorang wirausahawan pada hakikatnya ditandai oleh kemampuan melangkah dengan modal seadanya dan kemampuan untuk menggali modal dari pihak lain. Namun, modal tersebut tidak harus berupa uang. Kreativitas bisa saja menjadi modal yang tak ternilai harganya.

 

Bagaimana Memilih Bisnis Yang Tepat ? 

Cobalah berpikir tentang cita-cita yang ingin Anda raih. Banyak sumber informasi yang dapat Anda baca, baik dari majalah bisnis, koran bisnis, maupun siaran televisi. Namun, apakah bisnis tersebut cocok untuk Anda ? 

Pertanyaan inilah yang sebaiknya dihubungkan dengan cita-cita masa depan sebagai panduan dalam berbisnis. Cita-cita dan mimipi harus direalisasikan. Jika pada tahun ini Anda berkeyakinan untuk mendirikan bisnis, lakukan langkah-langkah awal untuk mewujudkannya. Jangan hanya menuggu kesempurnaan suatu perencanaan bisnis karena kesempurnaan itu berjalan sesuai dengan prosesnya.

Memulai suatu bisnis tidaklah serumit yang dibayangkan banyak orang karena banyak "enterpreneur" sukses memulai bisnis dengan sesuatu yang sederhana. Banyak pula yang memulainya dengn persiapan yang matang, tetapi akhirnya tutup di tengah jalan. Pada intinya, cara berpikir sangat mempengaruhi perjalanan bisnis. 

Oleh karena itu, mentalitas enterpereneur sebaiknya dipelajari sehingga lebih cerdas dalam mengelola penghasilan Anda di masa depan.

Selain kreativitas, modal yang perlu dimiliki dalam memulai bisnsi adalah tekad dan keyakinan. Sementara itu, modal finansial dapat diwujudkan dengan banyak cara. Jatuh bangun dalam berbisnis adalah risiko untuk menjadi wirausahawan. Rasa takut dan ragu adalah sesuatu yang wajar. 

Itulah sebabnya, dalam memulai bisnis diperlukan ide-ide baru serta trik untuk meminimalkan risiko bangkrut di awal bisnis. Dalam hal ini, sangat penting untuk melihat tren dan peluang bisnis yang menguntungkan.

Salah satu bisnis yang cukup populer belakangan ini adalah bisnis franchise. Bisnis franchise merupakan bisnis populer dan telah menjadi tren bagi sebgian orang. Hal ini disebabkan untuk memulainya tidak perlu modal besar, risiko kecil, dan cepat balik modal.

Banyak pilihan jenis lainnya yang dapat balik modal cepat dalam waktu kurang dari 1 tahun. Selain jangka waktu balik modal yang diperhatikan, tren bisnis yang sedang booming dapat dijadikan pilihan untuk memulai bisnis. Namun, sebaiknya Anda tetap selektif memilih bisnis.

 

Berikut Panduan Dalam Memilih Jenis Bisnis Yang Tepat Untuk Anda.

1 . Tetapkan Target dan Tujuan

Untuk memulai menjalankan bisnis pilihan, Katakanlah tujuan serta target finansial yang ingin didapatkan. Jangan hanya berangan-angan tetapi tulislah pada secarik kertas atau pada sebuah perencanaan studi kelayakan bisnis. 

Dengan demikian, Anda mudah mengingatnya serta memberikan semangat untuk meraih tujuan.

 

2. Memilih Bisnis

Setelah menetapkan tujuan, kita bisa memilih bisnis sesuai dengan modal yang anda miliki ataupun target yang ingin dicapai. Jangan memilih bisnis yang hanya menghabiskan energi dan waktu, tetapi tidak sejalan dengan cita-cita yang diidamkan.

 

3. Hobi Vs Semangat

Melakukan pekerjaan yang dicintai seperti halnya hobi anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan energi positif sehingga akan terus memacu semangat dalam meraih cita-cita serta kepuasan tersendiri dari hasil yang dicapai.

 

4. Do It Now ! 

Jangan menunggu hingga masa pensiun. Mulailah untuk mempersiapkan bisnis selagi Anda masih bekerja. Belajarlah dari mereka yang telah berhasil meraih kesuksesan dan jadikan mereka mentor Anda. 

Jangan segan-segan untuk bergaul dengan para wirausahawan sukses dan teruslah mencari referensi dari berbagai sumber untuk mempercepat kesuksesan. Tidak perlu menunggu persiapan Anda matang. 

Segera lakukan dan teruslah belajar karena sebuah proses dan keyakinan akan membawa anda mencapai kesuksesan.


      edit

0 comments:

Post a Comment