11/25/2016

Published 1:41 AM by Admin with 0 comment

Mengenal Apa Itu Bisnis Di Bidang Jasa dan Kelebihannya

Mengenal Bisnis Jasa

 

Apa Itu Bisnis Jasa ?

 Apa Kelebihan Berbisnis di Bidang Jasa ?
Image courtesy of Idea go at FreeDigitalPhotos.net

Pada dasarnya setiap usaha memiliki produk. Dalam usaha atau bisnis, produk dapat digolongkan dengan berbagai cara misalnya berdasarkan jangka waktu pemakaian atau daya tahan atau wujud produk tersebut. Berdasarkan pengklasifikasian tersebut produk dikelompokkan dalam tiga bagian

Pertama, non-durable goods (barang yang tidak dapat bertahan dalam dalam waktu lama) yang pada umumnya waktu pemakaiannya tidak lebih dari setahun, seperti produk consumer goods atau barang kebutuhan sehari-hari. Kedua, durable goods (yang pemanfaatannya lebih dari setahun) seperti tekstil dan barang elektronik. Ketiga, jasa atau service yang menekankan pada pemenuhan kepuasan dari aktivitas yang bermanfaat untuk orang lain.

Dari ketiak pengelompokan jenis bisnis tersebut, dapat diketahui bahwa jenis jasa yang memiliki keunggulan yang lebih menonjol dibanding bisnis lain. Produk bisnis jasa terbebas dari masalah durable atau bertahan tidaknya produk yang dihasilkan karena umumnya tidak berbentuk fisik.

Bisnis jasa atau service provider merupakan suatu bisnis yang menawarkan tindakan yang bersifat non fisik, tetapi bisa pula berkaitan dengan produk fisik. Hal terpenting dari sebuah aktivitas bisnis jasa adalah bagaimana memberikan kepuasan kepada konsumen.

 

Apa Kelebihan Berbisnis di Bidang Jasa ?

Ada beberapa kelebihan mengapa Anda harus memilih terjun di bidang bisnis jasa.

 

Berikut ini beberapa diantaranya

1. Selama anda memilih bisnis jasa yang tidak tergolong industri skala besar seperti industri jasa perhotelan, jasa pelayanan rumah sakit, jasa pelayanan perbankan, atau jasa pelayanan transportasi udara dan laut, Anda tidak membutuhkan persiapan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis jasa.

Hal yang seharusnya dibutuhkan dalam sebuah bisnis jasa adalah tekad atau keinginan kuat, keterampilan, ide, pelayanan bakat, ataupun kepandaian serta kejelian yang dapat memberikan kepuasan serta kenyamanan kepada konsumen.

2. Sebuah bisnis jasa yang dijalankan akan murni bersifat intangible atau tidak mengenal adanya purchasing stock atau penyediaan barang di awal. Artinya, bisnis ini tidak membutuhkan persiapan yang konsisten dan berulang-ulan, kecuali untuk modal operasional awal.

3. Dengan terjun ke dalam dunia bisnis jasa dengan kata lain Anda tidak perlu repot-repot dalam hal mendistribusikan, menghitung, dan mengawasi perputaran produk (product circulaiton). Dalam hal ini, Anda cukup berfokus dengan memberi pelayanan kepada pada konsumen.

4. Didalam bisnis bidang jasa, tidak diperlukan adanya perputaran produk (product circulation). Berarti, tidak akan pernah ada  pengendapan modal produk yang disebabkan belum terjualnya produk di pasar (capital selling of product)

5. Selain itu, bisnis jasa tidak memerlukan adanya penyimpanan barang di gudang stok untuk keperluan sirkulasi barang dan peralatan kerja yang jumlahnya tentu tidak banyak.

 

Apa yang Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Bisnis Jasa ?

Berdasarkan potensi pasar yang ada, seorang yang akan memilih sebuah jenis usaha bisa mempertimbangkan dua hal berikut.

 

#1. Sebagai Gap Filler (Pengisi Kekosongan)

Jika terjadi kesenjangan antara peluang yang potensial dan kenyataan yang ada, seorang yang mencari jenis usaha dapat menjemput peluang usaha tersebut dengan berperan sebagai gap filler (pengisi kekosongan). Gap filler bisa muncul jika didalam masyarakat terdapat sebuah kebutuhan pelayanan yang belum tersedia dan menghendaki adanya inisiator untuk melahirkan pelayanan tersebut.

Selain itu, tidak ada juga layanan yang pernah lahir sebelumnya. Dalam situasi tersebut, sebaiknya seirang pencari peluang jenis usaha mengisi kekosongan dengan melahirkan bisnis jasa baru yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Contoh Kasus : AQUA - Sebuah merek dagang yang melayani persediaan air minum kemasan siap minum. Bisnis ini tergolong bisnis jasa yang berhubungan dengan produk fisik. Pada dasarnya, air adalah milik negara yang diperuntukkan bagi semua orang (pasal 33 UUD 1945) sehingga pelayanan jasa terletak oleh pemrosesan dan pengemasannya.

Bisnis ini dilatarbelakangi oleh pengamatan pemilik bisnis. Ia melihat bahwa ada peluang dari kekosongan layanan dari keinginan banyak orang di Indonesia. Mereka menginginkan adanya air minum yang higienis dan siap konsumsi kapan saja tanpa harus melalui proses emasakan lagi.

 

#2. Sebagai Pelengkap Layanan 

Seorang pencari peluang bisnis dapat juga berperan sebagai menangkap layanan dari bisnis yang telah ada dalam hal ini, ada kekosongan untuk memberi masukan bagi gagasan yang harus dilaksanakan karena adanya potensi pasar.  Dengan kata lain, Anda memilih sebuah bisnis jika ada sebuah jenis bisnis jasa memberikan layanan juga membutuhkan jasa dari pemberian layanan ataupun dari rangkaian bagian layanan yang sejenis.

Contoh Kasus  : Dari perusahaan AQUA saja, ada beberapa jenis usaha yang telah atau dapat lahir. Beberapa diantaranya jasa riset kandungan mineral dan bahan-bahan lainnya dalam air, jasa pengurusan Izin Usaha dan merek, jasa konsultan pajak, jasa pendistribusian (distributor produk) dan jasa iklan.

Selain contoh tersebut untuk satu jenis usaha saja, masih banyak lagi jasa yang bisa anda lahirkan bila Anda banyak berperan sebagai pelengkap layanan.


      edit

0 comments:

Post a Comment