11/27/2016

Published 12:54 PM by Admin with 0 comment

Apakah Anda Sudah Memiliki Karakter Enterpreneur ?

Menjadi Enterpreneur Sukses


Manakah Karakter Enterpreneur yang Telah Anda Miliki ?

 Manakah Karakter Enterpreneur yang Telah Anda Miliki ?

Menjadi seorang enterpreneur ?, Siapa yang tidak ingin, tetapi adakah persyaratan tertentu untuk mewujudkannya ?

Menjadi seorang enterpreneur adalah sebuah pilihan hidup. Hal ini tidak terlepas dari karakter dan sikap hidup yang dimiliki seorang. Banyak enterpreneur sukses memiliki karakter serta sikap yang mendukung kesuksesannya, mereka mampu mengaktivasi setiap visinya, mampu beradaptasi dengan lingkungan bisnis dan perubahan yang terjadi dengan cepat sekaligus sabar, mereka "menikmati dan begitu tertarik dengan bisnisnya."

Dari berbagai testimonial yang dikumpulkan dari para enterpreneur yang sukses,seperti Wang dari Wang computer, Soichiro Honda dari Honda daMotors, Ray Kroc dari McDonald's dapat disimpulkan ada tida alasan mengapa mereka menjadi sukses, yaitu,

(1) Kemampuan untuk merespon secara positif terhadap setiap peluang dan belajar dari kesalahan-kesalahan

(2) Mampu mengambil inisiatif sendiri

(3) Memiliki ketekunan dan tekad yang tinggi

Bagaimana ini dapat terjadi ? Tentu saja karakter dan sikap hidup mereka membuatnya menjadi demikian. Lalu apa saja karakter itu ?

 

#1 Komitmen dan Tekad

Karakter Enterpreneur komitmen dan tekad
Image courtesy of pakorn at FreeDigitalPhotos.net

Yang pertama adalah komitmen dan tekad. kelihatannya karakter ini adalah yang paling penting dibandingkan dengan lainnya, karena dengan memiliki komitmen terhadap goal dan cita-citanya dan tekad yang tinggi seorang enterpreneur akan mudah menghadapi segala tantangan yang datang, juga mampu menutupi kelemahan-kelemahan yang dipunyai.

Komitmen dan tekad yang kuat ini dicontohkan oleh penemu Teh Botol Sosro dan Air Mineral dalam kemasan Aqua. Pada awal usahanya tentu sulit dibayangkan, bagaimaan mungkin menjual teh dalam botol padahal sudah menjadi kebiasaan di masyarakat jika minum teh, ya ... di cangkir atau gelas.

Begitu juga dengan Aqua, bagaimana bisa menjual air putih biasa ? Lebih mahal dari bensin lagi. Tetapi itulah yang terjadi, beberapa tahun kemudian diluncurkan prosuknya, kinimereka telah memetik hasilnya.

 

#2 Kreativitas

Karakter Enterpreneur kreativitas
Image courtesy of thaikrit at FreeDigitalPhotos.net

Hal kedua adalah Kreativitas, berdiri sendiri dan mampu beradaptasi. Dunia bisnis terutama bagi pendatang baru adalah dunia yang sangat tinggitingkat ketidakpastiaannya, cepat sekali berubah sehingga diperlukan kemampuan untuk beradaptasi denan cepat dan efektif.

Seorang enterpreneur yang sukses juga harus percaya pada diirnya sendiri, memiliki kreativitas dan inisiatif dalam menghadapi berbagai persoalan, tidak takut dalam menghadapi kegaglan dan mampu belajar dari kesalahan-kesalan yang dibuatnya. Uji coba trial-and-error merupakan bagian dari pembelajaran.

Seringkali kreativitas juga sangat diperlukan untuk membuat bisnis yang baru. Misalnya Ibu yetti L. Husna dari Cirebon berhasil membuat berbagai karya kerajinan tangan dan bahkan limbah industri rotan yang ada dapat ditemukan disekitar rumahnya.

Ada juga DAGADU Yogya yang terus-menerus menggali kejenakaan lewat produk kaosnya, sekarang mulai merambah ke produk baru, sandal gunung, gantungan kunci, dompet, dan lainnya..

 

#3 Memiliki Jiwa Toleransi

Karakter Enterpreneur Jiwa Toleransi
Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net

Karakter ketiga yang juga harus ada pada seorang enterpreneur sukses adalah toleransi pada risiko, embiguitas dan ketidakpastian. Dengan tingkat perubahan yang cepat maka tingkat ketidakpastian, risiko dan ambiguitas juga makin tinggi orang-orang ini mampu bertoleransi dengannya. Risiko keuangan, karir, keluarga dan reputasi tentu dijadikan taruhan bagi seorang enterpreneur. 

Jadikah ia seorang petaruh (gambler) atau main untung-untungan ? Tidak. enterpreneur sukses bukan seorang petaruh, ia betul-betul telah menghitung risikonya. Kemampuan bertoleransi inilah yang membuatnya mampu meningkatkan kemampuan bisnisnya untuk bertahan.

Tahukah Anda ada berapa banyak perusahaan yang dapat tetap eksis dalam masa krisis yang yang terjadi di masa lalu ? Pengusaha Bakrie merupakan salah satu contohnya.

 

#4 Motivasi Untuk Menjadi yang Terbaik

Motivasi Untuk Menjadi yang Terbaik
Image courtesy of imagerymajestic at FreeDigitalPhotos.net

Ini dimiliki oleh semua enterpreneur sukses. Mereka selalu ingin mengerjakan sesuatu diatas standar yang ia miliki sendiri. Mereka berusaha keras untuk mengerjakan dan mencapai apa yang akan mereka katakan dan inginkan.

Dua karakter lain yang tidak kalah pentingnya adalah terobsesi melihat peluang dan kepemimpinan (leadership). Obsesi melihat peluang selalu diungkapkan dengan keingintahuan terhadap kebutuhan "pelanggan" sebagai 'market driven'. Dan selalu mengupayakan pembuatan dan peningkatan nilai tambah.

Pertanyaan yang muncul di benak seorang enterpreneur seperti, "Buat apa lagi ya ?", "Apa yang membuat mereka puas dengan produk kita ?", dan seterusnya. Dan tentu saja juga penting untuk memiliki kemampuan leadership. Bagaimana ia 'mengelola' timnya, membangkitkan keberhasilan, menjadi superior learning and teacher.

Karakter-karakter yang disebut diatas adalah karakter seorang enterpereneur sukses, mulailah menilai diri Anda, Sudahkah Anda memilikinya ?

      edit

0 comments:

Post a Comment