11/19/2016

Published 8:50 PM by Admin with 0 comment

Peluang Usaha Bisnis Bengkel

Bisnis Usaha Bidang Otomotif 

Bisnis Bengkel Kendaraan Yang Menjanjikan

 Peluang Usaha Bisnis Bengkel

Usaha di bisnis bidang otomotif memang lekat dengan anak muda, jadi jangan heran jika perkembangannya pun sangat pesat. Bahkan urusan kendaraan pun kini sudah tidak melulu menjadi urusan kaum Adam belakangan wanita pun mulai ada yang menekuni dunia otomotif. Sudah tentu ini akan makin membuat dunia otomotif makin marak dan hebatnya lagi dunia otomotif pun makin berkembang mengikuti zaman. Jadi peluang bisnis usaha otomotif bengkel akan tetap terbentang.

Satu bidang bisnis yang berhubungan paling erat dengan dunia otomotif apalagi kalau bukan bengkel kendaraan. Urusan memereteli dan mendandani serta mempermak kendaraan agar lajunya makin ciamik dan kondisi tetap terawat memang sering harus ditangani sang ahli karena itu bengkel selalu menjadi "klinik kesehatan" bagi kendaraan. 

Bila kita menengok perkembangan jumlah kendaraan yang semakin padat di jalan, usaha membuka bengkel barangkali tidak bakal ada matinya untuk itu bagi kamu yang punya keterampilan barangkali dapat menjadi salah satu bentuk usaha yang cukup menguntungkan.

 

Untuk memulai usaha bengkel otomotif kendaraan, apa yang paling kamu butuhkan ?

Pertama adalah keahlian mengenali masalah yang biasa dialami kendaraan. Kemudian sudah pasti kemampuan dasar untuk menyelesaikan masalah tersebut karenanya selain harus tahu seluk-beluk kendaraan kamu juga harus tahu perkembangan teknologi terbaru di dunia otomotif. Sehingga nantinya kamu benar-benar menjadi "dokter kendaraan" yang bisa dipercaya.

Untuk itu selain bisa memulai dengan ikut kursus otomotif kamu juga bisa mencari karyawan yang siap pakai. Sudah tentu jika ini pilihan kamu, biaya pun bisa lebih besar. Tapi, hal ini akan bisa diminimalisir dengan menggunakan sistem bagi hasil dengan karyawan kamu.

 

Bagaimana prospeknya ?

Lihat jumlah kendaraan di daerah kamu, makin hari dijamin pasti makin bertambah jumlahnya sebab untuk memiliki kendaraan roda dua sekarang ini dengan uang Rp500.000 pun jadi. Biasanya ongkos ringan perbaikan kendaraan sekitar Rp15.000 keatas sedang kalau yang kelas berat atau bahkan misalnya harus turun mesin plus sekalian penggantian suku cadang kalo rusak bisa mencapai ratusan ribu. 

Kalau kamu bisa mendapat lokasi yang cukup strategis misalnya di pinggir jalan besar kamu akan lebih mudah memasarkan jasa ini. Jika sehari minimal 10 motor saja dengan perbaikan ringan kamu sudah bisa mengantongi keuntungan ratusan ribu apalagi kalau kendaraan harus ganti suku cadang keuntungan kamu bisa jadi makin berlipat. Bagaimana ? sudah siap jadi pengusaha di bidang bisnis perbengkelan.

Kalau sudah mari kembali kita telusuri satu persatu apa saja yang kamu butuhkan untuk menjalankan usaha ini.

 

Lokasi 

Sebagaimana bisnis yang lain, lokasi kembali jadi kunci utama keberhasilan usaha ini. Meski tidak mutlak namun jikaa kamu bisa memperoleh lokasi yang tepat, minimal kamu pasti akan dengan mudah dijangkau oleh calon pengguna jasa kamu. Misalnya di pinggir jalan raya dimana lalu lintas kendaraan yang sangat tinggi, di sini kamu harus pandai juga menarik perhatian orang dengan menunjukkan secara pasti keberadaan usaha kamu dengan membuat papan nama yang cukup besar. 

Cara lain kalau bisa kamu memilih lokasi di pelataran parkir kendaraan misalnya di parkiran Mall atau di kampus. Coba ajak kerjasama pemilik lahan parkir agar mau memberikan sebagian jarak tempat untuk space ( ruang) kamu membuka bengkel. Jika kamu bisa mendapat lokasi seperti ini kamu bisa membuka jasa ringan seperti tambal ban, ganti oli dan servis ringan. 

Jadi, setelah aktivitas setelah selesai, mereka akan mendapati kendaraan yang telah diservice tanpa harus datang ke bengkel yang jauh dari lokasi kegiatan mereka.

Jika kamu menyewa di pinggir jalan protokol sudah tentu kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar, biayanya berkisar satu juta rupiah perbulan belum termasuk renovasi tempat. Jangan kaget jika nantinya usaha ini makin besar orang yang menyewakan pun akan menaikkan biaya sewanya untuk itu. 

Usahakan juga punya tabungan lebih dari usaha ini cuma menginvestasikan juga untuk membeli tanah atau bangunan yang bisa kamu jadikan tempat praktik kamu.

 

Modal Kerja

Modal kerja yang utama dalam bisnis bengkel ini adalah untuk menyediakan berbagai peralatan. Selain itu sediakan juga anekaspare part dasar seperti bus, kabel rem,  lampu motor,  rantai gir,  oli dan aneka peralatan lainnya yang biasa diperlukan kendaraan bermotor. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan diri untuk mengikuti kursus otomotif tingkat lanjut jika ingin menjadikan bengkel Kamu kenapa semakin dipercaya orang.

Misalnya menjadikan bengkelmu sebagai bengkel khusus perbaikan shock breaker atau misalnya bengkel spesialis lomba alis menjadikan bengkel kamu sebagai bengkel kendaraan yang disetel untuk lomba pacu kendaraan. Jika kamu makin ahli dan jadi makin spesial, bisa untuk memperjelas posisi kemampuan kamu, hal ini bisa juga menjadi sarana promosi yang ampuh.

Biayanya untuk bengkel yang makin lengkap sudah tentu lebih mahal daripada sekadar bengkel untuk servis ringan. Modalnya bisa belasan hingga puluhan juta rupiah namun jika kamu sudah punya pelanggan tetap, modal tidak akan menjadi masalah lagi.

 

Operational Cost

Biaya operasional yang kamu perlukan untuk usaha yang utama adalah listrik, sewa tempat dan pengadaan barang kebutuhan dasar kendaraan bermotor. Selain itu, untuk di awal kamu juga perlu mengalokasikan dana untuk biaya promosi dengan penyebaran brosur atau pasang iklan mini di media otomotif.

modal yang dibutuhkan usaha bisnis bengkel kendaraan

Gambaran diatas adalah contoh perhitungan break even point alias titik impas untuk usaha bisnis bengkelmu. Sudah tentu ini hanya sekedar penggambaran diatas kertas saja, bisa saja kamu memulai tanpa hitungan seperti ini. Namun hal ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui cash flow usahamu. 

Selain itu dengan hitungan yang tepat kamu bisa menentukan kapan harus menyuntikkan modal lagi serta Kapan saatnya kamu bisa bersenang-senang dengan keuntungan yang kamu raih. Kelebihan lainnya dengan membuat perhitungan diatas kamu akan dapat menentukan target yang harus kamu capai agar bisnis usaha bengkelmu cepat berkembang.

 

Promosi

Untuk bisnis usaha bengkel yang masih di buka di awal, pekerjaannya cukup dua saja. Apalagi kalau kamu memang hobi menyervis kendaraan sendiri, banyak konsumen nanti akan percaya pada pekerjaanmu dibanding dengan karywan. Jangan lupa untuk terus memberikan pengertian dan perhatian kepada para karyawan.

Pastikan kamu mempunyai satu karyawan yang paling senior selain bisa menjadi sebuah supervisor dia juga bisa menjadi tenaga tambahan untuk menambah pengetahuanmu dan karyawan yang lain seputar masalah kendaraan. Ke depan,  jika bisnis bengkelmu makin berkembang pertimbangkan untuk menambah karyawan untuk membantu kamu. 

Lama-lama malah nantinya kamu tinggal mengawasi saja tanpa perlu turun tangan sendiri.

 

Promosi

Unsur pemasaran yang paling penting salah satunya adalah promosi. Untuk usaha bisnis bengkel kendaraan, kamu bisa memulai dengan menawarkan jasa kepada rekan atau teman dekat dulu kalau perlu di awal beri jasa gratis pada motor yang akan ikut kejuaraan. Buat kendaraan yang kamu servis sebagus dan semaksimal mungkin sehingga kalau bisa masuk minimal tiga besar biasanya jika menang orang akan mencari tahu siapa mekanik di balik motor yang juara dari hal itu kamu akan mendapat nama sehingga tak perlu lagi promosi dengan biaya yang mahal.

Tapi kalau belum ada yang mau coba dulu dengan cara tradisional yaitu menyebarkan brosur atau bahkan kalau perlu pasang iklan di media. Saat ini banyak media yang dibagikan gratis ke komunitas-komunitas tertentu, kalau pas segmennya untuk penggemar otomotif coba pasang iklan di sana.

Jangan lupakan juga untuk mencari nama yang mudah diingat untuk bisnis usaha bengkel sebab jika nantinya sudah mulai dikenal selama ini akan menjadi poin penting untuk bisa terus mengembangkan usaha bisnis bengkel ini, nama ini juga bisa menjadi identitasmu jika suatu saat kamu kembali menangani kendaraan yang akan ikut kejuaraan



      edit

0 comments:

Post a Comment