11/27/2016

Published 12:19 PM by Admin with 0 comment

Mengenal Peluang Usaha Jasa Konsultan Hukum

Jasa Konsultan Hukum


Apa Itu Jasa Konsultan Hukum

Jasa Konsultan Hukum
Image courtesy of stockimages at FreeDigitalPhotos.net

Selain memberikan nasihat atau pertimbangan hukum, bisnis ini sekaligus memberikan bantuan hukum kepada klien. Bantuan yang diberikan bisa berupa pengurusan surat-surat resmi yang membutuhkan legalitas maupun bantuan hukum langsung di pengadilan. Pengoperasian bisnis ini bisa dilakukan secara individu dan kelembagaan.

 

Prospek dan kelebihan Jasa Konsultasi Hukum

[1] Selama manusia masih bernyawa, selama itu pula masalah akan silih berganti datang. Hal itulah yang menyebabkan usaha ini nyaris tak pernah terdengar ada yang gulung tikar.

[2] Pasaran atau pengguna jasa bisnis ini bukan hanya kalangan individu, melainkan juga dari instansi-instansi kecil sampai di instansi besar.

[3] Margin penghasilan bisnis ini tak dapat diprediksi. Ini tergantung pada seberapa dikenal nama Anda, seberapa banyak klien Anda, dan seberapa tinggi level perekonomian klien yang anda tangani. Tentunya, sangat menjanjikan. Adnan Buyung Nasution, OC Kaligis, dan Ruhut Sitompul merupakan contoh tokoh-tokoh yang berhasil di bidang ini.

 

Persiapan Usaha Mendirikan Jasa Konsultasi Hukum

[1] Sekalipun Anda dari jurusan hukum, sebaiknya Anda mengikuti pelatihan khusus pengacara untuk mendapatkan sertifikat resmi. Disamping itu, Anda juga perlu bekerja terlebih dahulu di perusahaan atau firma untuk menimba pengalaman sebelum memulai membuka usaha sendiri.

[2] selain tempat usaha, lengkapi kantor Anda dengan peralatan kerja berupa telepon, komputer, serta kursi dan meja untuk melayani tamu/klien.

[3] Mengenai tarif, gunakan pengalaman Anda saat bekerja di firma sebelumnya. Usahakan mematok harga jauh lebih murah sebagai bentuk persaingan, misalnya turunkan tarif Rp700.000 untuk pengurusan izin usaha menjadi Rp500.000.

 

Kiat (Tanpa) Modal Membuka Jasa Konsultasi Hukum

Untuk biaya pelatihan, sisihkan sebagian dari penghasilna Anda saat bekerja di firma atau lembaga hukum tempat Anda menggali pengalaman. Pertemuan di perpustakaan,kafe, atau restoran. JIka tidak memungkinkan, Anda bisa datang langsung ketempat klien untuk menjemput berkas atau memberikan konsultasi.

 

Step by Step Menjalankan Usaha Jasa Konsultasi Hukum

{1} Lakukan promosi utama dengan menempelkan pamflet di tempat-tempat strategis, khususnya di papan pengumuman kantor pengadilan. Sisihkan sebagian penghasilan untuk beriklan di koran, minimum satu kali seminggu.

{2} Pada tahap konsultasi, seorang konsultan hukum harus memahami terlebih dahulu apa masalah hukum yang dihadapi kliennya. Setelah itu, barulah ia bisa memberikan konsultasi secara verbal dengan sistematis dan terarah.

{3} Untuk bantuan hukum berperkara di pengadilan,setelah proses konsultasi verbal terjadi, tahap selanjutnya adalah membuat berkas pengajuan untuk bantuan hukum pembuatan surat legal seperti pembuatan akta tanah danpengurusan izin usaha. Sebaiknya gunakan format yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, Anda tak perlu repot lagi mengetik format baru, cukup mengisi bagian-bagian yang telah dikososongkan sebelumnya.

 

Kunci Sukses Membuka Jasa Konsultasi Hukum

 Kunci Sukses Membuka Jasa Konsultasi Hukum
Image courtesy of samuiblue at FreeDigitalPhotos.net

{1} Dorong klien Anda untuk memberi komentar atau pernyataan (testimonial) atas kepuasannya menggunakan layanan Anda untuk digunakan sebagai bahan promosi.

{2} Setelah punya penghasilan yang memadai, buatlah usaha Anda dalam bentuk lembaga dan pekerjakan sarjan-sarjana hukum dengan bayaran komisi.

{3} Lakukan persaingan dengan menawarkan keunggulan konsultasi 24 jam sekaligus biaya jauh di bawah harga normal.

      edit

0 comments:

Post a Comment